Central Transformation Office dan Duta Transformasi Kementerian Keuangan Internalisasikan Reformasi Birokrasi Transformasi Kelembagaan (RBTK) Sekretariat Jenderal di Pusat LPSE

5/23/2017 10:22:33 AM

Jakarta, 22/05/2017 Kemenkeu – CTO dan Duta Transformasi Kemenkeu melakukan internalisasi RBTK Sekretariat Jenderal di Pusat LPSE. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Pusat LPSE Lantai 17 yang dihadiri oleh para pegawai Pusat LPSE. Terdapat peta inisiatif baru pada program RBTK yang dirancang dengan tujuan agar terjaganya kesinambungan fiskal melalui pendapatan negara yang optimal, belanja negara yang efisien dan efektif, dan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas, dan sustainable.

Secara keseluruhan terdapat 20 inisiatif baru di Kementerian Keuangan untuk menunjang tujuan tersebut dari sisi penerimaan, perbendaharaan, dan penganggaran. Dalam paparannya, Luh Putu Rina Maharani, Duta Transformasi Kemenkeu menjelaskan bahwa terdapat 6 inisiatif baru tema sentral yang terdapat di Sekretariat Jenderal antara lain:

  1.        Penguatan Budaya Organisasi Kementerian Keuangan
  2.        Penguatan Kompetensi SDM dengan Strategi Kemenkeu Melalui Corporate University
  3.        Optimalisasi Kemenkeu Leaders Factory untuk mendukung Pengelolaan Keuangan Negara yang Kredibel
  4.        Perumusan Kebijakan Fiskal yang Terintegrasi
  5.        Enterprise Architecture
  6.        Memfokuskan Ulang Organisasi Sekretariat Jenderal

Sekti Widihartanto, Central Transformation Office menjelaskan bahwa fokus utama dalam inisiatif tersebut adalah Penguatan Budaya Organisasi Kementerian Keuangan. Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan, Budaya Organisasi harus dapat menjiwai dan menjadi “branding” pelaksanaan Inisiatif RBTK lainnya serta diperlukan leadership role model dalam implementasi nilai-nilai Kemenkeu dalam aktivitas sehari-hari (walk the talk).

“Dengan adanya Internalisasi seperti ini, diharapkan Pusat LPSE dapat mengubah mindset, pola kerja, serta spirit dalam meningkatkan pelayanan Pengadaan Barang/Jasa kepada Stakeholder,” ujar Erwin, Kepala Subbidang Layanan Pengguna Pusat LPSE.

Eselon I Kementerian Keuangan