LPSE Sosialisasikan Pengadaan di Nusa Tenggara Timur

4/21/2017 2:45:57 PM

Jakarta, 17/04/2017 Kemenkeu – Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke daerah untuk mensosialisasikan aplikasi pengadaan serta modernisasi pengadaan ke sebelas Provinsi di Indonesia. Acara dilakukan selama tiga hari untuk menjelaskan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4 dan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) kepada Kelompok Kerja Unit Layanan Daerah, Pengelola LPSE Daerah, Pejabat Pembuat Komitmen, Panitia Pengadaan, serta Penyedia Barang/Jasa. Kegiatan ini juga mensosialisasikan modernisasi pengadaan di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Salah satu Provinsi yang dilaksanakan Bimtek adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bimtek di NTT dilaksanakan selama dua hari. Acara dilaksanakan di Ruang Pelatihan LPSE Gedung Keuangan Negara NTT yang dibuka oleh I Nengah Gradug, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT selaku Kepala Perwakilan pada tanggal 05 April 2017. Dalam sambutannya, I Nengah Gradug berharap kegiatan tersebut dapat memberikan hasil yang positif guna mewujudkan pengadaan barang dan jasa yang terpadu, transparan, dan akuntabel dalam pelaksanaannya.

Setelah pembukaan, dilakukan sosialisasi modernisasi pengadaan yang disampaikan oleh Efi Sofiati, Konsultan yang mendampingi Modernisasi Pengadaan yang dibiayai dari Millennium Challange Account-Indonesia (MCAI). “Untuk akurasi pengukuran kinerja pengadaan diharapkan agar PPK bisa secara aktif dan akurat dalam mengisi data pada aplikasi Sistem Informasi Pengadaan (SIMAPAN),”ujar Efi. Selanjutnya dilakukan sosialisasi aplikasi Pengadaan yaitu SPSE versi 4 dan SIMPeL oleh Kepala Subbidang Registrasi, Slamet Jumadi. Pada sesi siang, dilaksanakan simulasi penggunaan aplikasi SIMPeL. 

Hari berikutnya, dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SPSE versi 4 kepada penyedia  barang/jasa Provinsi NTT. Pelatihan aplikasi SPSE versi 4 untuk penyedia dipandu oleh Staf Pusat LPSE, Syarif Hidayat dan M. Choirus S. “Dengan adanya pelatihan SPSE versi 4 ini, penggunaan aplikasi pengadaan menjadi lebih mudah karena proses pengiriman penawarannya lebih praktis dibandingkan versi sebelumnya,” ujar salah satu penyedia. Selanjutnya pada sesi siang, dilaksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4 kepada Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan Provinsi NTT. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 50 peserta dari Seluruh Satuan Kerja dan Penyedia Barang/Jasa di Lingkungan Kementerian Keuangan Provinsi NTT.

Eselon I Kementerian Keuangan