Pusat LPSE Kembangkan Aplikasi LPSE Kemenkeu Mobile

3/13/2017 4:42:17 PM

Seiring meningkatnya kompleksitas kebutuhan pengguna layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) akan informasi yang cepat dan mudah diakses, Pusat LPSE Kementerian Keuangan menjawab tantangan itu dengan mengembangkan aplikasi “LPSE Kemenkeu Mobile” yang kini sudah dapat diunduh pada market aplikasi google play store. Aplikasi ini menyediakan akses sistem aplikasi dan informasi pengadaan melalui smart phone berbasis android. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna LPSE dalam mengakses informasi dan aplikasi pengadaan, meliputi:

  1. Kemudahan akses informasi dan pengoperasian aplikasi SIMAPAN,SPSE 3.6,SPSE 4, SIMPeL, Katalog, Report SPSE, Report SIMPeL dalam konsep mobile.
  2. Fitur LPSE News yang menayangkan berita atau informasi seputar pengadaan, aktifitas, dan kebijakan terkini Pusat LPSE.
  3. Kemudahan “one-push” Social Media komunikasi Pusat LPSE yang terdiri dari facebook, twitter, Instagram akun resmi Pusat LPSE.
  4. Kemudahan menonton video tutorial aplikasi dan profil Pusat LPSE via Youtube akun resmi Pusat LPSE.
  5. Kemudahan akses Call Center dan Email yang menghubungkan layanan telepon Call Center dan email helpdesk Pusat LPSE langsung dari smart phone.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, kami berharap pengguna LPSE tidak lagi terlalu menggantungkan komputer sebagai satu-satunya sarana mengakses kebutuhan informasi dan layanan karena cukup hanya dengan smartphone yang mereka miliki, layanan kami akan sangat cepat dan mudah diakses memenuhi segala kebutuhan data, informasi, dan berbagai kebutuhan eksekusi aplikasi pengadaan kami, “ ujar Rachman Sukri, Kepala Subbidang Pemeliharaan Infrastruktur Sistem Pusat LPSE selaku pengembang aplikasi LPSE Kemenkeu Mobile.

Meskipun saat ini aplikasi LPSE Kemenkeu Mobile baru dikembangkan pada platform android, beberapa waktu kedepan sudah diagendakan juga akan dikembangkan pada platform iOS dengan melakukan beberapa penyempurnaan dan penambahan fitur. “Kami akan terus melakukan pembenahan, penyempurnaan dan update untuk menyesuaikan perkembangan teknologi serta kebutuhan stake holder”, pungkas Rachman.


Eselon I Kementerian Keuangan